وَ الَّذِيْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِمَآ اُنْزِلَ اِلَيْكَ وَمَآ اُنْزِلَ مِنْ قَبْلِكَ ۚ وَبِالْاٰخِرَةِ ھُمْ يُوْقِنُوْنَ
Wallaziina yu’minuuna bimaa unzila ilaika wa maaa unzila min qablika wa bil Aakhirati hum yuuqinuun

4. dan mereka yang beriman kepada (Al-Qur’an) yang diturunkan kepadamu (Muhammad) dan (kitab-kitab) yang telah diturunkan sebelum engkau, dan mereka yakin akan adanya akhirat.

Suara Lantunan Surat Al-Baqarah Ayat 4

Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 4

Tafsir Wajiz

Ciri-ciri khas orang-orang yang bertakwa mencakup keyakinan mereka kepada wahyu-wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw., seperti Al-Qur’an dan adz-dzikr (hadis), serta kitab-kitab yang telah diturunkan sebelumnya, seperti Taurat, Zabur, Injil, dan Suhuf-suhuf (lembaran-lembaran). Mereka tidak membedakan satu kitab dengan yang lain, karena esensi risalah Allah adalah satu, dan mereka yakin akan kehidupan di akhirat setelah kehidupan di dunia ini. Keyakinan ini tidak hanya bersifat verbal, tetapi juga tercermin dalam tindakan dan perbuatan sehari-hari.

Tafsir Tahlili

Ketiga: Menginfakkan sebagian rezeki yang telah dianugerahkan oleh Allah, yang mencakup memberikan sebagian harta kepada mereka yang ditentukan dalam agama. Infak ini dapat melibatkan belanja untuk kepentingan jihad, pembangunan perguruan, rumah sakit, penelitian ilmiah, dan kepentingan umum lainnya dengan niat melaksanakan perintah Allah (fi sabilillah). Penting untuk dicatat bahwa yang diinfakkan adalah sebagian rezeki, bukan seluruhnya. Dalam hal ini, Allah melarang perilaku bakhil dan boros. Perintah Allah tentang menginfakkan harta juga mencakup larangan berlebih-lebihan atau kikir dalam membelanjakan harta, dan Allah menjelaskan bahwa kelebihan tersebut mencakup apa yang berlebih setelah mencukupi kebutuhan pokok, seperti makanan dan pakaian.

Keempat: Keyakinan pada kitab-kitab yang telah diturunkan oleh Allah merupakan aspek penting dalam iman, mencakup Al-Qur’an serta kitab-kitab wahyu lainnya seperti Taurat, Zabur, Injil, dan sahifah-sahifah yang Allah turunkan kepada para nabi sebelum Nabi Muhammad saw. Meskipun keyakinan terhadap kitab-kitab selain Al-Qur’an bersifat secara global, namun keyakinan terhadap Al-Qur’an harus bersifat rinci dan tafsili. Iman kepada kitab-kitab tersebut juga mencakup keyakinan kepada para rasul yang Allah utus kepada umat-umat terdahulu, tanpa membedakan satu rasul dengan rasul lainnya. Keyakinan ini merupakan salah satu sifat khas orang-orang yang bertakwa. Mereka yang beriman kepada kitab-kitab Allah dan mempelajari isinya dianggap sebagai ahli waris ajaran Allah, baik di masa lampau maupun di zaman sekarang hingga akhir zaman. Sifat ini membangkitkan kesadaran dalam diri seorang Muslim bahwa mereka adalah bagian dari umat yang satu, memiliki agama yang tunggal, yaitu Islam. Mereka menyembah Tuhan yang Esa, Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang terhadap hamba-hamba-Nya. Sifat ini juga berfungsi untuk mengeliminasi sikap eksklusivisme, yang mencakup sifat sombong, sikap tinggi hati, fanatisme kelompok, serta perasaan kebangsaan dan lokalisme yang berlebihan.

Gambar QS. Al-Baqarah Ayat 4

Gambar QS. Al-Baqarah Ayat 4

Author

Seorang guru honorer yang tak mau naik jabatan PNS. Aktif memberikan edukasi lewat berbagai konten dan forum akademisi sambil berharap mampu merubah tingkat literasi masyarakat Indonesia.Pekerjaan: Influencer Media Sosial dan Tenaga Pengajar (Guru).

Write A Comment